Tahun ini Pasar Ramadan Ditiadakan

iMagz.id -  Tahun ini pasar Ramadan ditiadakan di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Warga direkomendasikan berdagang depan rumah masing- masing dengan syarat tetap mempraktikkan Prokes COVID- 19.

p


" Walaupun pasar Ramadan ditiadakan, tetapi kita berikan kesempatan pada UMKM untuk membuka upaya mereka di depan rumah masing- masing," tutur Bupati Balangan Abdul Hadi, Rabu 7 April 2021.

Lanjut ia, kebutuhan warga untuk keperluan buka puasa pada bulan Ramadan tidak dapat dibantah, pada tahun sebelumnya, saat Pasar Ramadan ditiadakan, terdapat posisi yang jadi pusat perbelanjaan kuliner untuk masyarakat, ialah di wilayah Batu Piring dan Pasar Paringin.

" Bila terdapat pedagang yang membuka alas dagangannya dengan cara beregu pada satu tempat, kita menerangkan supaya para orang dagang dan konsumen senantiasa mempraktikkan dengan cara kencang aturan kesehatan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan Rody Rahmadi Noor menerangkan pasar Ramadan ditiadakan karena masih di tengah endemi COVID- 19 dan bagian dari usaha pencegahan COVID- 19.

" Karena keberadaan pasar yang menyediakan kebutuhan berbuka puasa itu dianggap berpotensi memunculkan gerombolan, hingga keberadaan pasar Ramadaan 1442 H di Kabupaten Balangan persisnya pada wilayah Paringin tahun ini ditentukan kembali ditiadakan," tutup ia.(tya)