BP2MI Amankan Puluhan TKI Ilegal Asal NTB

iMagz.id - Sebanyak 26 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bawah tangan asal Nusa Tenggara Barat (NTB), dilindungi ke luar negara, Rabu 7 Maret 2021 malam, oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia( BP2MI).

p
Ilustrasi TKI Ilegal


Sebesar 26 orang calon pekerja migran Indonesia( PMI) itu diamankan di posisi penampungan sementara mereka, di kondominium kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

" Setelah kita kumpulkan, seluruh berjumlah 26 orang PMI yang kebanyakan berawal dari Nusa Tenggara Barat. Dari hasil tanya jawab pendek tadi, mereka berterus terang akan diberangkatkan ke negara- negara Timur Tengah semacam Bahrain, Arab Saudi, Abu Dhabi( Uni Emirat Arab), dan sebagian negeri Timur Tengah lain," tutur Kepala Bagian Pelayanan Teknis BP2MI Provinsi DKI Jakarta Mucharom Ashadi.

Awalnya aparat menemukan informasi dari warga terdapat sekumpulan orang di salah satu kondominium di Jakarta Utara.

Setelah dilakukan penajaman, ternyata betul calon PMI itu digabungkan dalam 3 kamar kondominium yang kapasitasnya masing- masing maksimal dapat diisi 5 orang.

" Ternyata ditemukan terdapat di salah satu kamar 9 orang( calon) PMI, di kamar yang berlainan ditemukan 10( calon) PMI. Keseluruhan 3 kamar seluruhnya bermuatan( calon) PMI," ucapnya.

Diketahui sejak keluarnya Ketetapan Menteri Ketenagakerjaan( Menaker) Nomor 250 Tahun 2015, penempatan PMI untuk negeri Timur Tengah sebagai pekerja dalam negeri ataupun rumah tangga masih terdapat penangguhan ataupun dengan tutur lain, dilarang.(rez)